Trachoma



Merupakan peradangan selaput mata menahun yang yang dapat menular melalui air mata.

Tifus (Typhus Abdominalis)



Tifus merupakan suatu penyakit peradangan pada usus. Penyakit ini sangat mudah menular, termasuk salah satu bentuk salmonellosis, yaitu infeksi oleh bakteri Salmonella.

Tidak Subur (Infertilitas) Pada Wanita



Merupakan ketidaksanggupan mengalami kehamilan setelah berhubungan seksual secara teratur tanpa memakai kontrasepsi, sedangkan suami mempunyai cukup sel sperma yang berkualitas. Seseorang dapat dikatakan mengalami infertilitas jika kondisi tersebut paling tidak berjalan minimum 1 tahun.

Tidak Nafsu Makan



Nafsu makan yang menurun menyebabkan seseorang menjadi susah makan. Kurang nafsu makan tidak hanya dialami anak-anak, tetapi dapat terjadi pada balita, remaja, orang dewasa, dan oranglanjut usia.

Tidak Mendapat Haid (Amenorrboea)



Umumnya, perempuan mengalami haid pertama sekitar usia 11-13 tahun dan berulang setiap bulannya. Namun, ada sebagian wanita yang tidak mendapat menstruasi atau terhenti beberapa bulan yang bukan disebabkan oleh kehamilan. Terhentinya menstruasi selama tiga bulan atau lebih tanpa sebab yang jelas disebut dengan amenorrhoea sekunder.

Telinga Berdengung (Tinitus)



Merupakan gangguan pendengaran dengan perasaan mendengar bunyi yang berdengung, berdesis, bergema, atau menderu di dalam salah satu atau kedua telinga, padahal tidak ada rangsangan bunyi dari luar. Keluhan tinitus dapat hilang-timbul atau terus-menerus. Gangguan ini Iebih sering terjadi pada orang yang bekerja di tempat-tempat yang bising. Pada umumnya, gangguan ini tidak serius dan hanya sementara waktu.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)



Terjadi karena tekanan darah yang berlebihan terhadap dinding arteri. Jika kondisi ini berjalan terus mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan kekurangan aliran darah ke jaringan tubuh. Kondisi demikian mengakibatkan kerusakan jaringan jantung, ginjal, otak, dan mata. Seseorang dikatakan menderita hipertensi jika nilai tekanan darah sistoliknya di atas 140 mm Hg dan diastoliknya di atas 90 mm Hg.