Kata-Kata Bijak

Jika kamu berpikir kamu lemah, kamu salah! Tuhan tahu kemampuanmu, Masalah hanya tuk orang yg kuat. Kamu lemah jika kamu menyerah.

Biografi Ramadhan KH (Ramadhan Kartahadimadja)

Wartawan dan penulis biografi Ramadhan KH (Ramadhan Kartahadimadja yang akrab dipanggil Kang Atun) meninggal dunia tepat di hari ulang tahunnya yang ke-79, Kamis 16 Maret 2006 pukul 08.30 waktu Cape Town, Afrika Selatan, atau pukul 13.30 WIB. Jenazah pria kelahiran Bandung 16 Maret 1927, ini  akan tiba di Tanah Air Sabtu 18 Maret 2006 dan dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.

Anggota Akademi Jakarta yang sudah lama menderita kanker prostat itu meninggalkan satu istri, dua anak (Gumilang Ramadhan dan Gilang Ramadhan), serta lima cucu. Istrinya Salfrida Nasution Ramadhan, yang bertugas sebagai Konsul Jenderal RI di Cape Town, Afrika Selatan adalah istri kedua yang dinikahi 1993. Istri pertamanya, Pruistin Atmadjasaputra, yang dinikahi 1958 telah lebih dulu wafat 1990.

Menurut isterinya, Salfrida Nasution, walaupun beberapa bulan ini kankernya sudah sangat menjalar, bahkan hingga ke tulang sehingga kondisi tubuhnya sudah sangat lemah, Ramadhan masih bersemangat menulis dua buku terakhirnya. Dua buku yang belum terselesaikan tersebut adalah kumpulan cerpen dan novel. ”Bapak juga menjanjikan akan menulis satu sajak lagi buat saya, tetapi belum kesampaian, beliau sudah keburu dipanggil…,” tutur Salfrida yang masih larut dalam kesedihan, sebagaimana ditulis Kompas 17/3/2006.

Ramadhan, anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan Raden Edjeh Kartahadimadja dan Sadiah, ini sejak kecil sudah akrab denga dunia sastra dan tulis-menulis. Dia sudah mulai produktif menulis sejak masih di SMA.

Hingga akhair hayatnya, sastrawan Angkatan ’66, itu telah menulis lebih dari 30 judul buku. Salah satu karyanya berupa kumpulan puisi yang diterbitkan dalam buku berjudul Priangan Si Djelita (1956), ditulis saat Ramadhan kembali ke Indonesia dari perjalanan di Eropa 1954. Kala itu, ia menyaksikan tanah kelahirannya (Jawa Barat) sedang bergejolak akibat berbagai peristiwa separatis. Kekacauan sosial politik itu mengilhaminya menulis puisi-puisi tersebut.

Sastrawan Sapardi Djoko Damono, menilai buku tersebut sebagai puncak prestasi Ramadhan di dunia sastra Indonesia. Menurut Sapardi, sebagaimana dirilis Kompas, buku itu adalah salah satu buku kumpulan puisi terbaik yang pernah diterbitkan di Indonesia. “Dia adalah segelintir, kalau tidak satu-satunya, sastrawan yang membuat puisi dalam format tembang kinanti,” papar Sapardi.

Karya Ramadhan itu disebut Sapardi sebagai salah satu tonggak sastra Indonesia pada periode 1950-an, bersama karya-karya WS Rendra dan Toto Sudarto Bachtiar.

Pada tahun 1958, sesaat setelah menikah dengan Pruistin Atmadjasaputra, Ramadhan resmi menekuni karier sebagai wartawan kantor berita Antara di Bandung, Jawa Barat. Dia juga pernah bertugas sebagai Redaktur Majalah Kisah, Redaktur Mingguan Siasat dan Redaktur Mingguan Siasat Baru. Tugasnya sebagai wartawan dan kiprahnya di dunia sastra membuat Ramadhan banyak bergaul dengan para seniman Indonesia.

Menurut Kompas, perjalanan hidup kemudian membawanya sebagai salah seorang penulis biografi terbaik di negeri ini. Diawali dengan biografi Inggit Garnasih, Kuantar ke Gerbang (1981), dia kemudian menulis biografi tokoh-tokoh terkenal di Indonesia, seperti AE Kawilarang, Soemitro, Ali Sadikin, Hoegeng, Mochtar Lubis, dan DI Panjaitan.

Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah buku Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya, yang merupakan biografi mantan Presiden Soeharto yang dibuat saat Soeharto masih berada di puncak kekuasaannya pada tahun 1988.

Selain menulis buku-buku biografi, Ramadhan juga menulis karya sastra: Priangan Si Djelita (1956); Ladang Perminus
- Royan Revolusi, Novel, 1958;  Antologie Bilingue de la Poesie Indonesienne Contemoraine, Novel, 1972; Kemelut Hidup, Novel, 1976; Keluarga Permana, Novel, 1978 dan Untuk Sang Merah Putih, Novel, 1988. Karyanya, Ladang Perminus berhasil meraih penghargaan SEA Write Award, 1993.

Nama: Ramadhan KH

Nama Lengkap: Ramadhan Kartahadimadja
Nama Panggilan:Kang Atun

Lahir: Bandung, 16 Maret 1927

Wafat:
Cape Town, Afrika Selatan 16 Maret 2006

Agama:
Islam

Isteri:
- Pruistin Atmadjasaputra (menikah 1958 dan wafat 1990)
- Salfrida Nasution Ramadhan (menikah 1993)

Anak:
- Gumilang Ramadhan
- Gilang Ramadhan

Ayah:
Raden Edjeh Kartahadimadja
Ibu:
Sadiah

Profesi:
Wartawan dan Penulis Biografi

Pendidikan:
- ITB Bandung
- Kuliah Jurnalistik, Belanda, 1952-1953

Karir:
- Wartawan Kantor Berita Antara
- Redaktur Majalah Kisah
Redaktur Mingguan Siasat
Redaktur Mingguan Siasat Baru
- Anggota Akademi Jakarta, Dewan Kesenian Jakarta sampai 2003

Karya:
Telah menulis lebih 30 buku, di antaranya:
- Kuantar ke Gerbang, Kisah Cinta Ibu Inggit Garnasih dengan Bung Karno (1981)
- Biografi AE Kawilarang
Biografi Soemitro
Biografi Ali Sadikin
- Biografi Hoegeng
- Biografi Mochtar Lubis
- Biografi DI Panjaitan
- Autobiografi Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya
- Priangan Si Djelita (1956)
- Ladang Perminus
- Royan Revolusi, Novel, 1958
- Antologie Bilingue de la Poesie Indonesienne Contemoraine, Novel, 1972
- Kemelut Hidup, Novel, 1976
- Keluarga Permana, Novel, 1978
- Untuk Sang Merah Putih, Novel, 1988

Penghargaan:
SEA Write Award, 1993

Referensi: tokohindonesia.com


Kata-Kata Bijak

Jika kamu berpikir kamu lemah, kamu salah! Tuhan tahu kemampuanmu, Masalah hanya tuk orang yg kuat. Kamu lemah jika kamu menyerah.



Recommended Posts :

  • Biografi Bob Sadino – Pengusaha Sukses Dari Indonesia Kata-Kata BijakSuatu hubungan berakhir, karena salah satu hati terlalu sedikit mencintai, dan atau terlalu banyak. Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja l...
  • Biografi Habiburrahman El Shirazy – Novelis Terkenal Kata-Kata BijakSeandainya bisa, aku ingin menulis nama kamu di bintang. Agar semua orang tahu, bahwa aku sangat mencintaimu. Habiburrahman El Shirazy lahir di Semarang, Jawa Tengah, 30 September 1976, Memulai pendidikan menengahnya di MTs Futuhiyyah 1 Mranggen sambil belajar kitab kuning di Pondok Pesantren Al Anwar, Mranggen, Demak di bawah asuhan K.H. Abdul Bashir Hamzah. Pada tahun 1992...
  • Abah Us Us – D’ Bodors Kata-Kata BijakJangan pernah biarkan dirimu sendiri menilai rendah dirimu, bahkan ketika orang lain sedang menghakimi. Believe in Yourself! Abah Us Us - D' Bodors Selamat Jalan Abah Us Us, Semoga Mendapat Tempat Yang Layak Disisi ALLAH SWT Nama Lengkap : Achmad Yusuf Nama Populer: Abah Us Us Tanggal Lahir:  Bandung, 13 Juni 1940 Wafat: Sabtu, 8 Mei 2010 Grup Lawak: D' Bodors Achmad Yus...
  • Biografi Bachtiar Chamsyah – Biografi Menteri Kata-Kata BijakHidup tak selalunya indah tapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan Biografi Bachtiar Chamsyah - Biografi Menteri Namanya mulai makin akrab di lidah publik bak selebriti, saat ia dengan cerdas dan tangkas memimpin Pansus Bulog (2000-2001) yang ketika itu melibatkan Presiden KH Abdurrahman Wahid. Maka banyak pihak menilai sangat bijak manakala Presiden Megawati mengangkatny...