Titi Kamal

Photo Credits: Wikipedia

Titi memiliki nama asli Kurniaty Kamalia. Aktris yang juga dikenal sebagai penyanyi ini lahir di Jakarta, 7 Desember 1981.

Ia merupakan anak terakhir dari lima bersaudara dari pasangan H. Kamal Badri dan Elly Rosniati yang berasal dari Palembang dan Bengkulu. Semasa bersekolah di SMA Negeri 48 Jakarta, Titi aktif dalam kegiatan teater.

Ia merupakan istri dari Christian Sugiono. Mereka menikah pada tanggal 6 Februari 2009 di Perth, Australia, karena perbedaan keyakinan. Pada bulan Mei 2013, Christian menyatakan istrinya telah hamil, setelah sekian lama menunggu. Pada tanggal 16 November 2013, Titi melahirkan anak lelaki yang diberi nama Arjuna Zayan Sugiono.

Titi sudah mencintai dunia seni peran semenjak dirinya masih SMA. Gadis berambut indah ini tergabung di ekstrakurikuler teater SMA 48 Jakarta. Ketika masih berusia 15 tahun, wajah Titi sudah familiar di layar kaca setelah menjadi model video klip Jamrud, “Putri” (1996).

Berbekal itu, Titi mecoba berkompetisi di ajang “Cover Girl Aneka Yess! 1997”. Tak disangka, di kontes tersebut gadis keturunan Palembang-Bengkulu ini keluar sebagai juara pertama.

Titi mulai merambah dunia layar lebar dengan memerankan tokoh utama di film “Tragedi” (2001). Kemampuan akting gadis beragama Islam ini semakin terbukti dengan kemunculannya di film “Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ?” (2002), “Eiffel I’m in Love” (2003), “Mendadak Dangdut” (2006), “Tipu Kanan Tipu Kiri” (2006), “D.O (Drop Out)” (2008), “Tri Mas Getir” (2008), “Doa yang Mengancam” (2008) dan “Barbi3” (2008).

Pemilik Resto Sunda Fast Service di Jakarta ini meraih masa kejayaan setelah membintangi film “Mendadak Dangdut”. Titi yang mengaku kurang bisa menyanyi malah mendulang kesuksesan ketika menyanyikan original soundtrack film tersebut, “Jablay (Jarang Dibelai)” (2006).



Aktingnya di film “Mendadak Dangdut” bersama Kinariyosih sukses membuatnya panen penghargaan. Ia memenangkan “Pemeran Wanita Terbaik” di MTV Movie Award 2006, “Aktris Penyanyi Terbaik” di Indonesian Movie Awards 2007, “Pasangan Terbaik” dan “Pasangan Terfavorit” (bersama Kinariyosih) di Indonesian Movie Awards 2007.

Tak hanya berakting di dunia layar lebar, Titi pun melebarkan sayapnya dengan menjadi pesinetron. Dia tercatat telah membintangi beberapa judul sinetron, antara lain “Cinta Anak Kampus” (2003), “Pura-Pura Buta” (2005), “Hantu Jatuh Cinta” (2005), “Pembantu Milyarder” (2007) dan “Jiran” (2008).

Sukses membawakan lagu “Jablay (Jarang Dibelai)”, membuat Titi serius mendalami dunia tarik suara. Ia membuktikan keseriusannya dalam menyanyi dengan merilis single “Lebih Baik Sendiri” (2008).

Tak berhenti sampai disitu, beberapa bulan kemudian, Titi menggandeng vokalis Drive, Anji, untuk berduet di single keduanya, “Resah Tanpamu” (2009). Selain itu Titi juga masih memiliki dua single lain yang mengukuhkan eksistensinya di dunia tarik suara, yaitu “Jatuh Cinta” (2010) dan “Sendiri” (2011).

Setelah banyak menuai kontroversi dari publik lantaran memiliki perbedaan keyakinan dengan sang kekasih yang menganut agama Kristen, Christian Sugiono, Titi tetap melanjutkan hubungan yang mereka jalin ke jenjang pernikahan. Pasangan yang sudah berpacaran selama 10 tahun ini akhirnya menikah pada 6 Februari 2009 di Perth, Australia.

Tahun 2014 bersama enam pemeran dalam film AADC seperti Nicholas Saputra (Rangga), Dian Sastrowardoyo (Cinta), Titi Kamal (Maura), Adinia Wirasti (Karem), Ladya Cheryl (Alya) dan Sissy Priscillia (Milly) reunian. Mereka membuat drama pendek lanjutan dari kisah AADC, yang digagas applikasi LINE.

Referensi :

http://www.wowkeren.com/seleb/titi_kamal/bio.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Titi_Kamal