Salah satu ancaman penyakit pada bayi adalah campak. Sudah pasti Ibu tak ingin bayi Ibu terkena penyakit tersebut. Tetapi sebenarnya seberapa kenalkah Ibu terhadap campak?

Campak, tampek, morbili, atau measles adalah penyakit yang dapat mematikan yang disebabkan oleh infeksi virus morbili atau rubeola. Campak jarang dialami bayi berusia kurang dari lima bulan, karena bayi masih memiliki kekebalan yang diturunkan dari ibunya, kecuali jika Ibu pernah kena campak atau tidak pernah mendapatkan imunisasi campak.

Campak sangatlah menular. Apabila seseorang penderita campak bersin atau batuk, percikan cairan ludah atau lendir akan tersebar di udara. Jika bayi terkena percikan tersebut, bayi dapat terinfeksi. Bayi juga dapat terinfeksi dari kontak dengan kulit penderita campak, atau bila menggunakan alat makan atau handuk yang sama. Berada di ruangan yang sama dengan penderita campak selama sedikitnya 15 menit atau berkontak secara langsung dengan penderita campak juga dapat menyebabkan bayi tertular. Apabila bayi belum pernah diimunisasi dan belum pernah menderita campak, kecenderungannya untuk tertular semakin besar. Karena itu, penderita campak harus diisolasi agar tidak menulari yang lain.
View Post